Kamis, 24 Januari 2013

Mengenal Makna Kesuksesan





Oleh KH Abdullah Gymnastiar

Alhamdulillaahirabbil'aalamiin, Allahuma shalli 'ala Muhammad waala aalihi washaabihii ajmai'iin,
Saudaraku yang budiman, setiap orang memiliki paradigma yang berbeda tentang arti sebuah kesuksesan, karena pada dasarnya sukses dapat menjadi milik kita semua, hanya saja kita sering tidak tahu bagaimana cara meraihnya.

Apalagi dalam Islam, kesuksesan tidak diukur dari sisi dunia semata melainkan harus berorientasi pula pada akhirat. Itulah kesuksesan  hakiki, saat berjumpa Allah kelak.
Orang yang sukses adalah orang yang bersungguh-sungguh berupaya mengenal Allah, taat kepada aturan-Nya, menjauhi larangan-Nya serta berupaya terus memperbaiki diri agar mulia akhlaknya.

Demikian pula dalam kehidupn kesehariannya, Islam mengajarkan ummatnya rahmatan lil’alamin, rahmat bagi semesta alam. Sehingga ia berupaya gigih mempersembahkan amal terbaik bagi kebaikan tidak hanya bagi dirinya, namun untuk sebanyak-banyaknya umat, demi kemaslahatan manusia. 

Begitupun dalam berbagai peran dalam dalam kehidupan ini, tergantung pada keseriusan kita menggali kesuksesan diri. Semuanya dapat menjadi jalan mengenal Allah, jabatan gelar, kekuasaan, harta, harus menjadi sarana taat kepada Sang Pemilik Diri kita. Itulah bukti kemuliaan, sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam Al Qur’an  Surat Al Hujurat ayat 13 “ Sesungguhnya orang yang paling mulia diantaramu disisi Allah  adalah orang yang paling bertaqwa diantara kamu”.
Sekarang tinggal bagaimana ikhtiar kita mencoba meraih kesuksesan dunia berikut sukses akhirat. Dengan berbekal kegigihan menjalani apapun profesi ,  yang dijalankan dalam hidup ini, serta berupaya semakin mengenal Allah, tentu sukses akan dicapai. Ketika itu, ia tidak merasa telah sukses, namun disadari semuanya adalah titipan Allah.

Sehingga ia tidak peduli dipuji atau tidak dihormati atau tidak, ia tetap merasa bahwa semuanya adalah amanah Allah yang kelak akan dipertanggungjawabkan. Begitulah,  hingga akhir hayatnya ia tetap berupaya mempersembahkan yang terbaik, seiring dengan kedekatannya dengan Allah pun semakin bertambah. Itulah makna sebuah kesuksesan sejati. Wallahu'alam
***http://www.manajemenqolbu.com***    

    



 



2 komentar: