Kamis, 01 November 2012

Dunia Terus Berubah

Tadi malam, hampir 2 jam, saya ngobrol dengan anak pertama saya Nadhira (20 tahun) yang tinggal di Jerman. Berapa biaya yang harus saya keluarkan? Nyaris nol, karena saya menggunakan skype. Coba bandingkan bila harus menggunakan saluran telepon internasional, berapa biaya yang harus dikeluarkan? Padahal, selain bisa mendengar suara anak saya, di skype saya juga bisa melihat wajahnya.

Dunia berubah begitu cepat. Skype telah mengubah cara orang berkomunikasi lintas benua.
Dari kacamata bisnis, skype boleh dibilang luar biasa. Walaupun “cuma” menyediakan layanan video chatting yang nyaris serba gratis namun nilai bisnisnya fantastis. Tahun 2011, raksasa bisnis Microsoft mengakuisisi skype sebesar US$ 8.5 milyar! Kalau dirupiahkan kira-kira Rp 75 trilyun lebih (asumsi USD 1 = Rp 9.000).
Setiap hari dunia terus berubah. Inovasi baru terus hadir. Siapapun yang hanya jalan di tempat pasti kita akan tertinggal.

Namun demikian, tidak semua yang bergerak dan berubah itu produktif. Sebab, ada pula yang sia-sia bahkan ada yang terjerumus ke dalam kubangan dosa.
Waktu kita sangat terbatas. Sehari semalam hanya 24 jam. Karenanya, jangan asal bergerak atau berubah. Tidak semua hal harus dikejar dan dikerjakan. Fokuskan hidup kita untuk melakukan sesuatu yang bisa meningkatkan derajat kita di dunia dan menyelamatkan kita di akhirat. Kejarlah akhiratmu namun jangan kau lupakan bagianmu di dunia. Dalam istilah saya, jadilah ahli ibadah sekaligus ahli manfaat.

Nah, tahun 2012 tersisa 3 bulan lagi. Coba berhenti sejenak dan merenunglah. Apakah ibadah kita semakin berkualitas? Apakah keluarga besar kita semakin bangga dengan kita? Apakah sudah banyak karya yang kita lakukan dan diakui oleh banyak orang? Dalam hal-hal apa kita bertumbuh? Apakah pemetik manfaat dari ilmu dan keterampilan yang kita miliki semakin bertambah? Silakan Anda tambahkan lagi pertanyaan-pertanyaan renungan yang sesuai dengan kehidupan Anda.

Bila kita hanya jalan di tempat maka kita akan digilas zaman dan akhirnya menjadi barang rongsokan. Zaman dahulu, komunikasi jarak jauh cukup dilakukan dengan telegram dan pager, sekarang kedua benda itu sudah tak ada. SMS, BBM dan skype yang jauh lebih murah dan lebih canggih telah menggantikan keduanya. Semoga di dunia yang terus berubah ini kita tidak menjadi telegram dan pager yang secara perlahan tapi pasti tenggelam ditelan bumi…

Salam SuksesMulia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar